Teka-teki yang menimbulkan berbagai asumsi, imajinasi liar, render dari berbagai arah mata angin akhirnya terjawan juga.
Jawaban tersebut adalah Innova Zenix.
Kijang generasi ke-7 yang dinamai sebagai Multi-purpose Crossover ini diklaim akan menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih baik berkat pengaplikasian platform baru tipe Monokok bernama TNGA GA-C, menggantikan Ladder Frame yang legendaris tersebut.
Hideki Mizuma, Chief of Engineer All New Kijang Innova Zenix mengatakan: "Kami Konsep mobil ini adalah Innovative Multipurpose Crossover. Tujuan kami adalah untuk mengembangkan crossover serbaguna dengan kelapangan dan kegunaan sebuah minivan yang dicintai oleh keluarga milenial dengan nilai-nilai global. Mewarisi DNA mobil yang telah lama digandrungi masyarakat dan telah mengalami berbagai penyempurnaan, All New Kijang Innova Zenix telah menjadi sebuah mobil untuk era baru. Di atas segalanya, kami berharap Anda dan orang yang Anda cintai akan memiliki banyak momen menyenangkan dan kenangan indah saat bergerak bersama dengan All New Kijang Innova Zenix."
Dari depan, dia masih ada sedikit lekukan dari Innova lama, cuman sisanya terasa berbeda banget. Lampu depannya yang menyipit itu mengapit desain grill baru yang mirip dengan beberapa Toyota kekinian lainnya, serta lampunya sudah LED.
Bagian sampingnya ini terlihat paling berbeda secara keseluruhan. Selain karena memakai velg alloy single tone 18 inci, desain kaca pilar D nya itu mengecil dibandingkan model sebelumnya.
Belakangnya memakai lampu Combination Lamp, serta ditemani oleh fender, rear camera, dan senor parkir. Dan bagi yang suka pamer magic, Zenix mewujudkannya dengan memakai voice command pada bagasinya (bisa membuka bagasi dengan perintah suara).
Interiornya inilah yang menjadi star of the show, karena punya berbagai hal menarik. Pertama, desain dashboard yang sedikit lebih kekinian dan minimalis, terutama untuk driver. Materialnya mayoritas berbalut soft pad dan joknya memakai kulit.
Speedometer nya campuran antara layar TFT 7 inci dengan analog power tachometer (No RPM) dan fuel & temperature.
Steeringnya selain sudah ada paddle shift (sebagai standar) dan tilt & telescopic, dia memiliki desain yang baru, serta sudah pasti ditemani berbagai tombol biar jari kita tidak gabut.
Layarnya juga berukuran 10 inci, dilengkapi dengan Smartphone Connectivity, Bluetooth, Wi-Fi, Voice Recognition, dan NFC E-Toll Card Checking. Untuk tipe G & V dapat layar 9 inci.
Serta pada glove box depan, tersedia Illumination Light warna biru. Dan tiada lagi yang namanya rem tangan old school, karena diganti dengan EPB.
Dia juga memiliki oleh tombol EV Mode.
Apa yang ditawarkan Zenix untuk penumpang? Karena Innova tanpa bahas belakang itu seperti makan nasi padang tanpa kuah gulai.
Innova Zenix kali ini punya Captain Seat yang kali ini punya tipe Ottoman yang jauh lebih mewah dibandingkan versi reguler. Selain itu, tersedia Entertainment Monitor berukuran 10 inci berjumlah 2 buah di masing-masing sisi.
Zenix ini punya fitur yang membuatnya diprediksi makin sulit untuk dibendung lawan-lawan sejenisnya, yakni Panoramic Roof. Dan ditemani Illumination Light.
Perihal fitur, Zenix ini termasuk sangat royal untuk sebuah Kijang, bahkan diprediksi bisa membuat lawan-lawannya makin babak belur.
Let's say gini:
Zenix ini memakai Toyota Safety Sense 3.0 yang sama dengan Voxy. TSS 3.0 pada Zenix ini terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) & Lane Tracing Assist (LTA), serta Automatic High Beam (AHB).
Sebelum lanjut, Zenix ini tidak ada mesin diesel.
Gantinya, dia memakai mesin hybrid gen 5 yang sudah dipasang pada Prius baru yang beberapa hari lalu meluncur di USA.
Tepatnya begini:
Dia memakai hybrid 2.000cc M20A-FXS yang mesin bensinnya punya tenaga 152 PS beserta torsi 187 NM dan ditemani oleh motor listrik bertenaga 113 PS. Dia digerakkan oleh e-CVT 10-Speed yang disalurkan ke roda depan (Selamat Tinggal RWD).
Kalau mau yang standar, ada juga mesin bensin NA 2.000cc M20A-FKS dengan tenaga 174 PS dan torsi 205 NM.
Fitu-fitur lainnya terdiri dari ABS+EBD+BA, T-Intouch, Stability Control, 6 Airbag (Dual Airbag untuk V & G), Hill Start Assist. Perihal harganya, dimulai dari Rp 419 Juta hingga Rp 611 Juta.
Komentar
Posting Komentar