Holla Shifters !
Setelah kita Membahas Mobil Lexus Ux 300 e. Kita akan membahas Mobil Listrik G20 dan juga masih saudara dengan Lexus Ux300e yang hadir di Bali yaitu Toyota BZ4X. Mobil ini sempat diperbincangkan kehadirannya dan sempat hadir juga di GIIAS 2022.
Penasaran dengan Mobil Listrik satu ini ?
Langsung kita bahas !
Berdasarkan dari gqjapan dan response.jp
BZ dari seri EV baru adalah EV yang bertujuan untuk diterima oleh banyak pelanggan di wilayah dengan permintaan tinggi untuk EV dan pasokan listrik dari energi terbarukan, seperti Cina, Amerika Serikat dan Eropa. Menurut Toyota, dengan menghubungkan dengan kebijakan energi yang mempromosikan energi terbarukan, ini bertujuan untuk memperluas jangkauan pilihan pelanggan di setiap wilayah tempat penjualannya, yang mengarah pada pengurangan emisi CO2 lebih lanjut. The "bZ" dalam nama mobil singkatan dari "beyond Zero." Ini berisi keinginan untuk memberi pelanggan nilai yang lebih dari sekadar "Nol Emisi".
bZ4X adalah EV pertama Toyota dalam seri bZ, dan merupakan EV tipe SUV yang dikembangkan bersama dengan mitra Subaru. Pengembangan bersama Toyota dan Subaru dimulai dengan generasi pertama Toyota "86" dan generasi pertama Subaru "BRZ". bZ4X menggunakan platform EV "e-TNGA" yang dikembangkan bersama oleh Toyota dan Subaru. Toyota yang mengkhususkan diri pada elektrifikasi, dan Subaru yang memiliki teknologi AWD yang sangat baik, bertujuan untuk menciptakan sebuah EV yang mewujudkan berkendara yang nyaman dan menyenangkan dengan menyatukan kekuatan masing-masing.
bZ4X mengejar gaya dan ruang interior yang khas setara dengan sedan segmen-D dengan overhang pendek dan jarak sumbu roda yang panjang pada platform EV-only.
Sistem steer-by-wire diadopsi untuk memberikan sensasi berkendara yang mulus sesuka hati. Panel instrumen rendah dan pengukur yang ditempatkan di atas roda kemudi memberikan rasa keterbukaan dan visibilitas yang lebih baik, serta mengemudi yang lebih aman dan terjamin.
bZ4X tersedia dalam penggerak roda depan dan AWD. Untuk penggerak roda depan, motor (output maksimum 204hp, torsi maksimum 27kgm) dipasang pada as roda depan. Akselerasinya dari 0 hingga 100 km/jam dalam 7,5 detik dan mencapai kecepatan maksimum 160 km/jam. Baterainya adalah baterai lithium-ion dengan kapasitas penyimpanan 71,4 kWh. Jarak jelajah dengan sekali pengisian daya mencapai maksimum 516km.
Untuk AWD, motor dengan output maksimum 109hp dipasang tidak hanya di gandar depan, tetapi juga di gandar belakang. Seluruh sistem menyemburkan tenaga 218hp dan torsi 34,4kgm. Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam adalah 6,9 detik. Baterainya adalah baterai lithium-ion dengan kapasitas penyimpanan 71,4 kWh. Jarak jelajah maksimum dengan sekali pengisian daya adalah 470 km.
Untuk pengisian daya, ia dilengkapi dengan pengisi daya dengan output 6,6 kW. Pada tahun 2022, pengisi daya dengan output 11 kW akan tersedia. Dengan pengisian cepat output 150 kW, 80% kapasitas baterai dapat diisi dalam waktu sekitar 30 menit.
bZ4X mengejar daya jelajah yang memperhitungkan lingkungan penggunaan sehingga banyak pelanggan dapat memilih EV dengan tenang. Ia juga memiliki ruang interior terbuka dengan tingkat kebebasan tinggi yang unik untuk EV dan desain eksterior baru. Untuk Toyota bZ series, EV dengan berbagai ukuran dan gaya bodi akan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Namun karena hal ini akan sulit dilakukan sendiri oleh Toyota, maka akan dilanjutkan dengan joint development dengan perusahaan mitra yang masing-masing memiliki bidang keahliannya masing-masing. Perusahaan mitra termasuk SUBARU, Daihatsu, Suzuki, dan China BYD.
Jarak jelajah saat terisi penuh adalah 559km untuk model FWD dan 540km untuk model 4WD (keduanya dalam mode WLTP). Untuk memperluas jangkauan jelajah, AC pompa panas digunakan untuk mengurangi konsumsi daya untuk pemanasan, terutama di musim dingin. Dikatakan bahwa tombol all-auto (ECO) telah diatur hanya untuk memanaskan area di sekitar penghuni dan mengurangi konsumsi daya.
Dalam kasus pengisian normal (200V, 6kW/30A), baterai terisi penuh dalam waktu sekitar 12 jam. Pengisian cepat DC mendukung 150 kW, dan pengisi daya 90 kW dapat mengisi daya hingga 80% dalam 40 menit.
Kendaraan yang dilengkapi dengan sistem pengisian tenaga surya, yang merupakan pilihan pabrikan, dapat menempuh jarak 1.750 km dalam setahun dan menghasilkan tenaga yang setara dengan maksimum 11,6 km per hari (perkiraan internal Toyota). Ini juga memiliki fungsi catu daya eksternal DC yang memasok daya keluaran tinggi dari kendaraan ke rumah dan peralatan rumah tangga selama aktivitas di luar ruangan dan bencana.
Interiornya eye-catching dengan roda kemudi berbentuk aneh (kendaraan dengan steer-by-wire) dan dial-type shift. Sistem infotainment menggunakan sistem navigasi terkoneksi yang memanfaatkan informasi peta berbasis cloud untuk memperoleh informasi lalu lintas dan informasi ketersediaan tempat parkir secara real time. Selain fungsi navigasi normal, ia juga mendukung fungsi khusus BEV seperti dukungan gerakan, tampilan fasilitas pengisian daya, dan tampilan area jelajah. Pengenalan suara juga telah diperluas, dan wiper serta AC sekarang dapat dioperasikan
Jangan lewatkan "Wi-Fi di dalam kendaraan" yang mengubah mobil Anda menjadi tempat Wi-Fi. Melalui DCM, yang merupakan perlengkapan standar pada semua model, Anda dapat terhubung ke Internet seperti smartphone dan konsol .
Sumber :
https://www.gqjapan.jp/cars/article/20220412-toyota-bz4x
Komentar
Posting Komentar