Serupa Tapi Tak sama Ini Perbedaan Subaru BRZ 2022 dengan Toyota GR 86

 Holla Shiftvers !


Kali ini membahas kedua mobil yang sering diperbincangkan banyak orang khususnya pada GIIAS 2022 kali ini Mobil ini merupakan mobil sport yang serupa tapi tak sama yaitu Subaru BRZ dan Toyota GR 86

kalau teman teman ketahui Toyota Motor Corporation pada tahu 2018 - 2019 mengakusisi dan melakukan aliansi dengan beberapa perusahaan otomotif di Jepang seperti Membeli Saham Suzuki, membangun aliansi dengan subaru, Hino dengan Isuzu, dan Mazda. Sehingga menimbulkan kemiripan pada produk kendaraan mereka dalam rangka menghadapi persaingan dengan perusahaan otomotif seperti tiongkok dan amerika. Toyota dalam hal ini juga sedang  mengembangkan teknologi seperti mobil listrik dan mobil balap diberbagai bidang.


Kembali ke Laptop !

Teman - Teman Shitvers Penasaran kan sama perbedaaan dari berbagai spesifikasi, body, dan lain sebagainya Ini perbedaanya ya guys


Subaru BRZ

Subaru BRZ generasi ke-2 yang diluncurkan pada GIIAS 2022 sangat berbeda jika dibandingkan generasi sebelumnya.

Dengan power, torsi, dan akselerasi yang lebih baik, Subaru BRZ memberikan handling, keseimbangan, dan pengalaman berkendara yang menyenangkan, murni, khas sebuah sports car.

Seluruhnya kelebihan tersebut dibalut dengan reliabilitas dan safety khas Subaru.

Subaru BRZ generasi terbaru ini fokus pada simplicity dan FUN.

The all-new Subaru BRZ dilengkapi dengan mesin BOXER® 2.4 liter naturally aspirated bertenaga 237ps pada 7,000 rpm dan torsi puncak hingga 250Nm yang sudah dapat dirasakan mulai 3,700rpm.

Mesin terbaru ini hadir dengan tenaga yang meningkat lebih dari 15%, throttle response yang lebih responsif, torsi yang lebih merata di semua putaran, namun tetap compact dan ringan.

Konfigurasi mesin ini juga memungkinkan ULTRA-LOW Center of Gravity untuk memastikan kemampuan melahap tikungan khususnya saat digunakan di lintasan balap.

Untuk transmisi Subaru Indonesia menghadirkan Subaru BRZ dengan transmisi 6-percepatan MANUAL close-ratio dan 6-percepatan direct control AUTOMATIC dengan adaptive control dan paddle-shifter. 


Pada the all-new Subaru BRZ transmisi AUTOMATIC juga telah dilengkapi dengan fitur keselamatan bantuan pengemudi Subaru EyeSight® generasi ke-4.

Sistem ini mencakup fungsi:

  • Adaptive Cruise Control,
  • Pre-Collision Braking System,
  • Lane Departure and Sway Warning
  • Lead Vehicle Start Alert.

Pada varian transmisi otomatis juga tersedia dengan opsi High Beam Assist.



Terlepas dari wujudnya sebagai Sports Car, Subaru BRZ tidak mengorbankan kenyamanan dan kepraktisan harian.

Tempat duduk 2+2 dan kursi belakang yang dapat dilipat dengan rata menciptakan area kargo yang berguna yang memiliki ruang untuk membawa sepeda gunung, Golfbag,

atau bahkan empat ban dan peralatan balap untuk Trackday.

Memanfaatkan aluminium untuk atap, fender depan, dan kap mesinSubaru BRZ 2022 memiliki bobot di bawah 1.300kg, memberikan pengemudian yang presisi dan pengalaman #PureSportsCar.





Desain SUBARU BRZ sarat dengan dinamisme mobil sport. Grill hexagonal dengan posisi rendah dan lebih lebar, menandakan titik gravitasi SUBARU BRZ yang rendah. Garis karakter mulai dari gril depan berlanjut ke fender depan ke samping dan mengekspresikan spotscar yang maskulin. Sejumlah item aerodinamis side sill spoilers dan air outletsyang terletak di belakang fender depan berfungsi maksimal. Fitur tersebut tidak hanya menambah aksen pada desain eksterior tetapi juga memaksimalkan performa mobil dengan fungsinya. Di bagian belakang ducktail yang meyatu dengan pintu bagasi dan dua muffler yang menyatu dengan diffuser makin menguatkan posisinya sebagai Sports Car yang bertenaga dengan presence yang kuat.
The all-new Subaru BRZ hadir dengan interior baru dengan setiap detail terfokus pada pengemudi.
Dasbor digital 7-inci baru dengan titik fokus berbentuk tachometer tampilkan pembacaan speedometer digital terintegrasi.
Di sebelah kiri takometer adalah layar yang dapat menampilkan G-Force meter, Power Display, Lap Timer, Battery & Temperature Meter, dan Trip Meter.
Ketika BRZ ditempatkan dalam TRACK MODE, tachometer secara otomatis bergeser ke grafik linier dengan tampilan warna yang lebih mudah dibaca bertujuan membuat pengemudi untuk lebih fokus pada jalan.
Desain kabin secara keseluruhan memiliki konsep kontemporer dan modular dengan fasilitas pengemudi yang ditingkatkan.
Layar sentuh infotainment 8-inci diutamakan di center console dan lengkap dengan sistem multimedia terbaru, termasuk integrasi smartphone standar dengan Apple CarPlay™ dan Android™ Auto, serta konektivitas telepon hands-free Bluetooth® dan streaming audio, serta Reverse Camera.


    Untuk memastikan dinamika khas sports car, posisi tempat duduk BRZ rendah, tetapi memiliki garis pandang yang sangat baik melalui arsitektur baja berkekuatan tinggi di pilar A, B dan C, membuatnya tetap tipis namun kuat. Kursi bucket berkontur dalam memberikan dukungan tulang belakang dan disempurnakan dengan jahitan red detail stitching. Dengan sasis yang dikembangkan secara khusus, Subaru BRZ ULTRA-LOW Center of Gravity dan struktur bodi berkekuatan tinggi.
Dengan jarak sumbu roda 101,4 inci dan distribusi bobot yang hampir sempurna, Subaru BRZ gesit dan mudah dikendalikan.
Suspensi depan menggunakan struts dan coil springs untuk menjaga bobot tetap rendah. Menggunakan elemen desain dari Subaru Global Platform,
sasis telah memperoleh kekakuan melalui sistem pemasangan sasis yang diperkuat, sub-frame architecture, dan titik koneksi yang diperkuat.
Kekakuan tekuk lateral sasis bagian depan telah ditingkatkan sebesar 60 persen untuk model 2022 guna meningkatkan kemampuan berbelok dan respons dari steering.
Suspensi depan menggunakan MacPherson-struts yang dirancang khusus untuk mengoptimalkan garis kap rendah sambil mempertahankan stroke panjang untuk penanganan dan kualitas pengendaraan yang ideal.
Sistem suspensi belakang double wishbone memberikan penyerapan benturan yang luar biasa untuk meningkatkan cengkeraman ban di berbagai permukaan.Untuk driving mode, sistem traksi dan stabilitas Vehicle Stability Control (VSC) standar menawarkan lima pengaturan berbeda kepada pengemudi – termaksud di dalamnya TRACK MODE.
Sistem ini telah didesain ulang untuk memungkinkan lebih banyak input dari pengemudi sebelum mengaktifkan sistem traksi.
Sistem dapat dimatikan sepenuhnya untuk membuat pengemudi memegang kendali penuh, contohnya dalam melakukan Drifting.


Toyota GR 86 


Salah satu model yang diperkenalkan adalah All New GR86 yang meneruskan peran Toyota 86 sebagai ikon dari sebuah sports car yang fun to drive. Toyota 86 mengambil inspirasi pengembangan dari AE86 yang begitu melegenda di era 1980an, dan kini telah menjadi salah satu classic sports car yang dikagumi oleh para car enthusiast termasuk di Indonesia. Memiliki desain eksterior yang agresif dan aerodinamis, Toyota 86 juga digemari oleh banyak modifikator di dunia karena sports car ini sangat mudah dan menyenangkan untuk dimodifikasi.



    All New GR86 adalah model sports car GR global ketiga bersama GR Supra dan GR Yaris. All New GR86 merupakan mobil yang langsung ditangani dan dikembangkan oleh TOYOTA GAZOO Racing (TGR) sehingga memperoleh manfaat dari keterlibatan dan pengalaman TGR dalam memenangi berbagai ajang motorsport internasional. Diperkenalkan secara global pada Desember 2021 lalu, sport coupe ini memberikan titik masuk baru ke jajaran GR bagi para penggemar sports car GR di seluruh dunia.



    All New GR86 tidak hanya hadir dengan bahasa desain eksterior dan interior baru yang lebih agresif serta sporty, namun juga dengan mesin baru yang lebih bertenaga. Mesin baru pada All New GR86 memiliki kapasitas lebih besar yaitu 2.400 CC masih dengan tipe boxer engine untuk mempertahankan Center of Gravity yang rendah. Sehingga, dengan rasio kompresi yang sama yaitu 12,5:1, tenaga yang dihasilkan menjadi lebih tinggi, dimana output maksimum meningkat 14%, dari 207 PS (152 kW) pada 7.000 rpm menjadi 235 PS (173 kW) pada 7.000 rpm. Begitu juga dengan torsinya yang meningkat sebesar 18%, dari 212 Nm pada 3.700 rpm, menjadi 250 Nm pada 3.700 rpm.





Jadi bagaimana kesimpulannya  ?


    Paling jelas tentu dari wajahnya. Selain punya logo yang berbeda, keduanya memiliki grille yang berbeda pula. Bentuk lesung pipit di kedua sudut wajah keduanya juga berbeda. Terakhir, lampu depan Subaru BRZ dilengkapi LED DRL (Day-time Running Lights) sampai ke alis. Sementara punya Toyota GR 86 hanya menghias garis mata bagian kelopaknya saja.

Bobot Kendaraan GR86 Lebih ringan dibanding Subaru BRZ

    Lantas apa beda mesin keduanya. Versi Toyota mempunya spesifikasi rasio kompresi 12,5:1. Sedangkan mesin yang dipakai Subaru BRZ mempunyai spesifikasi rasio kompresi 13,5:1. Perbedaan rasio kompresi keduanya juga tak terlalu signifikan.Sehingga Toyota GR 86 Lebih Bertenaga dibandingkan dengan Subaru BRZ

Berikut Perbandingannya 

Toyota GR 86: Tenaga: 232 hp, 0-100 km/jam: 6,3 detik, Rasio kompresi: 12,5:1

Subaru BRZ: Tenaga: 228 hp, 0-100 km/jam: 6,5 detik, Rasio kompresi: 13,5:1

 

Jadi Bagaimana Tanggapaan Shitvers Lebih Suka GR 86 atau BRZ tulis dicomment blogspot atau instagram ya guys



Sumber : Subaru Indonesia dan Toyota Astra Motor

Penulis : LAPIGA 




Komentar