Holla Shiftvers !
Kali ini membahas kedua mobil yang sering diperbincangkan banyak orang khususnya pada GIIAS 2022 kali ini Mobil ini merupakan mobil sport yang serupa tapi tak sama yaitu Subaru BRZ dan Toyota GR 86
kalau teman teman ketahui Toyota Motor Corporation pada tahu 2018 - 2019 mengakusisi dan melakukan aliansi dengan beberapa perusahaan otomotif di Jepang seperti Membeli Saham Suzuki, membangun aliansi dengan subaru, Hino dengan Isuzu, dan Mazda. Sehingga menimbulkan kemiripan pada produk kendaraan mereka dalam rangka menghadapi persaingan dengan perusahaan otomotif seperti tiongkok dan amerika. Toyota dalam hal ini juga sedang mengembangkan teknologi seperti mobil listrik dan mobil balap diberbagai bidang.
Kembali ke Laptop !
Teman - Teman Shitvers Penasaran kan sama perbedaaan dari berbagai spesifikasi, body, dan lain sebagainya Ini perbedaanya ya guys
Subaru BRZ
Subaru BRZ generasi ke-2 yang diluncurkan pada GIIAS 2022 sangat berbeda jika dibandingkan generasi sebelumnya.
Dengan power, torsi, dan akselerasi yang lebih baik, Subaru BRZ memberikan handling, keseimbangan, dan pengalaman berkendara yang menyenangkan, murni, khas sebuah sports car.
Seluruhnya kelebihan tersebut dibalut dengan reliabilitas dan safety khas Subaru.
Subaru BRZ generasi terbaru ini fokus pada simplicity dan FUN.
The all-new Subaru BRZ dilengkapi dengan mesin BOXER® 2.4 liter naturally aspirated bertenaga 237ps pada 7,000 rpm dan torsi puncak hingga 250Nm yang sudah dapat dirasakan mulai 3,700rpm.
Mesin terbaru ini hadir dengan tenaga yang meningkat lebih dari 15%, throttle response yang lebih responsif, torsi yang lebih merata di semua putaran, namun tetap compact dan ringan.
Konfigurasi mesin ini juga memungkinkan ULTRA-LOW Center of Gravity untuk memastikan kemampuan melahap tikungan khususnya saat digunakan di lintasan balap.
Untuk transmisi Subaru Indonesia menghadirkan Subaru BRZ dengan transmisi 6-percepatan MANUAL close-ratio dan 6-percepatan direct control AUTOMATIC dengan adaptive control dan paddle-shifter.
Pada the all-new Subaru BRZ transmisi AUTOMATIC juga telah dilengkapi dengan fitur keselamatan bantuan pengemudi Subaru EyeSight® generasi ke-4.
Sistem ini mencakup fungsi:
- Adaptive Cruise Control,
- Pre-Collision Braking System,
- Lane Departure and Sway Warning
- Lead Vehicle Start Alert.
Pada varian transmisi otomatis juga tersedia dengan opsi High Beam Assist.
Terlepas dari wujudnya sebagai Sports Car, Subaru BRZ tidak mengorbankan kenyamanan dan kepraktisan harian.
Tempat duduk 2+2 dan kursi belakang yang dapat dilipat dengan rata menciptakan area kargo yang berguna yang memiliki ruang untuk membawa sepeda gunung, Golfbag,
atau bahkan empat ban dan peralatan balap untuk Trackday.
Memanfaatkan aluminium untuk atap, fender depan, dan kap mesinSubaru BRZ 2022 memiliki bobot di bawah 1.300kg, memberikan pengemudian yang presisi dan pengalaman #PureSportsCar.
The all-new Subaru BRZ hadir dengan interior baru dengan setiap detail terfokus pada pengemudi.
Desain kabin secara keseluruhan memiliki konsep kontemporer dan modular dengan fasilitas pengemudi yang ditingkatkan.
Toyota GR 86
Salah satu model yang diperkenalkan adalah All New GR86 yang meneruskan
peran Toyota 86 sebagai ikon dari sebuah sports
car yang fun to drive. Toyota 86 mengambil inspirasi pengembangan dari AE86 yang begitu
melegenda di era 1980an, dan kini telah menjadi salah satu classic sports car yang dikagumi oleh para car enthusiast
termasuk di Indonesia. Memiliki
desain eksterior yang agresif dan aerodinamis, Toyota 86 juga digemari oleh
banyak modifikator di dunia karena sports
car ini sangat mudah dan menyenangkan untuk dimodifikasi.
All New GR86 adalah model sports car GR global ketiga bersama GR Supra
dan GR Yaris. All New GR86
merupakan mobil yang langsung ditangani dan dikembangkan oleh TOYOTA GAZOO
Racing (TGR) sehingga memperoleh manfaat dari keterlibatan dan pengalaman TGR
dalam memenangi berbagai ajang motorsport internasional. Diperkenalkan secara global pada
Desember 2021 lalu, sport coupe ini memberikan titik masuk baru
ke jajaran GR bagi para penggemar sports
car GR di seluruh dunia.
All New GR86 tidak hanya hadir dengan bahasa desain eksterior dan
interior baru yang lebih agresif serta sporty,
namun juga dengan mesin baru yang lebih bertenaga. Mesin baru pada All New GR86
memiliki kapasitas lebih besar yaitu 2.400 CC masih dengan tipe boxer engine untuk mempertahankan Center of Gravity yang rendah. Sehingga,
dengan rasio kompresi yang sama yaitu 12,5:1, tenaga yang dihasilkan menjadi
lebih tinggi, dimana output maksimum
meningkat 14%, dari 207 PS (152 kW) pada 7.000 rpm menjadi 235 PS (173 kW) pada
7.000 rpm. Begitu juga dengan torsinya yang meningkat sebesar 18%, dari 212 Nm
pada 3.700 rpm, menjadi 250 Nm pada 3.700 rpm.
Lantas apa beda mesin keduanya. Versi Toyota mempunya spesifikasi rasio kompresi 12,5:1. Sedangkan mesin yang dipakai Subaru BRZ mempunyai spesifikasi rasio kompresi 13,5:1. Perbedaan rasio kompresi keduanya juga tak terlalu signifikan.Sehingga Toyota GR 86 Lebih Bertenaga dibandingkan dengan Subaru BRZ
Berikut Perbandingannya
Toyota GR 86: Tenaga: 232 hp, 0-100 km/jam: 6,3 detik, Rasio kompresi: 12,5:1
Subaru BRZ: Tenaga: 228 hp, 0-100 km/jam: 6,5 detik, Rasio kompresi: 13,5:1
Komentar
Posting Komentar