Holla Shifter !
Kali Setelah kita membahas Mobil Hybrid dari Lexus kita akan membahas mobil Listrik yang menjadi kendaraan G20 di bali yaitu Lexus Ux300 e
dilangsir dari carwatch dan blogsmartev dari jepang mengenai Lexus Ux 300e
Lexus "UX300e" adalah kendaraan listrik (EV) pertama yang diproduksi secara massal dan dipasarkan untuk masyarakat umum di Jepang sebagai merek Lexus pertama, dan yang terpenting, sebagai Toyota Motor Corporation. Lexus UX adalah model bawah dari jajaran SUV Lexus. UX sendiri diluncurkan di Jepang pada tahun 2018.
Platformnya disebut TNGA (Toyota New Global Architecture), dan akan menjadi mobil saudara dengan C-HR. Lineup awal mencakup dua powertrain, UX200 dengan mesin murni 2 liter dan UX250h, hibrida yang menggabungkan mesin 2 liter dengan motor (selanjutnya, UX200 dan UX250h disebut sebagai UX standar). EV UX300e ditambahkan pada Oktober 2020.
Kebanyakan orang di industri kmemahami bahwa laporan bahwa Toyota dan Lexus terlambat dalam elektrifikasi tidak benar. Sebuah EV murni (kendaraan listrik) yang menunggu kesempatan, meskipun bisa dirilis kapan saja. Itu akhirnya terlihat. EV komersial pertama secara tak terduga dari merek Lexus. Ini adalah kendaraan penggerak roda depan berdasarkan UX crossover kompak.
Platform TNGA yang sama dengan UX standar telah ditambahkan dengan penyangga kokoh dari depan ke belakang, dan baterai diletakkan di lantai, yang dilapisi dengan rangka bawah baja dan terhubung ke bodi. Dengan kata lain, baterai menjadi suatu bentuk yang digantungkan dari tubuh
Dari segi tampilan, satu-satunya perbedaan dari UX yang ada adalah lencana, tutup port pengisian daya, dan velg aluminium dalam warna khusus. Penutup aerodinamis di bawah lantai juga didedikasikan. Sepintas, bagian dalam mobil tampak sama, tetapi pergeserannya berbentuk seperti "LC", dan meteran menampilkan informasi spesifik EV seperti jarak tempuh dan indikator gaya pengereman regeneratif dengan cara yang mudah dipahami. cara. . Lucu juga bahwa pengukur bahan bakar baterai memiliki stopkontak yang menempel pada tanda seperti pengukur bahan bakar. Sistem navigasi mobil dapat menampilkan lokasi pengisian daya di dekat tempat tujuan.
Dengan memasang baterai, ground clearance minimum adalah 140mm, yaitu 20mm lebih kecil dari model mesin 160mm. Ukuran bodi UX300e adalah panjang 4495mm x lebar 1840mm x tinggi 1540mm, yang sama dengan mesin murni dan model hybrid. Meskipun ground clearance minimum telah dikurangi dengan memasang baterai, ketinggian keseluruhan dipertahankan pada 1540mm, memungkinkan parkir di banyak tempat parkir bertingkat. Ketika UX standar muncul, ia berhasil mencapai kenyamanan parkir sekaligus mewujudkan gaya SUV urban crossover. Ketinggian keseluruhan yang rendah penting untuk seri UX, dan mungkin tidak mungkin untuk meningkatkan ketinggian keseluruhan saat EV dirilis. Kemasan ini dapat dievaluasi juga dilakukan.
Sumber tenaganya adalah baterai lithium-ion dengan total daya 54,4 kWh, dan roda depan digerakkan oleh motor 4KM yang menghasilkan torsi maksimum 300 Nm dan output maksimum 150 kW (203 PS), sebagai grade nama "300" menyarankan. Jarak jelajah mode WLTC adalah 367km.
Berdasarkan pemeriksaan kendaraan, bobot kendaraan tersebut mencapai 1790kg, atau sekitar 100kg lebih berat dari Nissan Leaf e+ yang memiliki spesifikasi serupa. Berkat fakta bahwa baterai berat dapat diletakkan di bawah lantai dekat bagian tengah bodi mobil, bobot gandar depan adalah 950kg dan bobot gandar belakang adalah 840kg, sehingga distribusi bobotnya seimbang. Ini memiliki pusat gravitasi yang rendah dan momen inersia yang baik, yang menguntungkan dalam hal penanganan.
Berbagai tindakan telah diambil untuk sasis juga, seperti rangka bawah baja dengan baterai yang dipasang di lantai untuk meningkatkan kekakuan seluruh kabin, dan persilangan antara anggota sisi depan. juga ditambahkan ke kotak roda gigi kemudi untuk meningkatkan kekakuan titik pengencang. Mungkin karena efek ini, kemampuan berbelok sangat mudah, dan saya mendapat kesan bahwa itu terwujud tanpa usaha apa pun.
Kelas mobil uji adalah versi C. Dibandingkan dengan versi L lanjutan, ada perbedaan peralatan seperti ban ukuran 225/50R18 hingga ukuran 215/60R17, sistem lampu tinggi adaptif ke lampu tinggi otomatis, dan lampu depan trinocular full LED dengan lampu depan LED umum. ban, tidak ada aspek yang sangat mempengaruhi jalannya.
Tentu saja, ada juga berat kendaraan 1,8t, dan jika Anda berbelok dengan cepat, Anda tidak dapat melihat penundaan fase, dan roll dan pitching juga dilakukan apa adanya. Dalam hal itu, mungkin saja ada pengendaraan yang menarik performa daya tinggi dan kemampuan manuver, tetapi tampaknya UX300e tidak berani melakukannya, dan menekankan kemudahan penanganan dan kenyamanan.
Lexus akan terus mengembangkan produk kendaraan elektrifikasi multifaset seperti HV (kendaraan hybrid), PHV (kendaraan hybrid plug-in), EV, dan FCV (kendaraan sel bahan bakar) yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan infrastruktur setiap wilayah di dunia. 2025, semua model dijadwalkan akan dialiri listrik, dengan tujuan mencapai rasio penjualan yang melampaui kendaraan bermesin bensin.
Sumber :
https://blog.evsmart.net/test-drive-reports/2021-lexus-ux300e/
https://car.watch.impress.co.jp/docs/news/impression/1319688.html
Komentar
Posting Komentar