Karoseri Laksana Keluarkan Legacy SR 3 di GIIAS 2022

 

Holla Shifters !


Disisi Lain GIIAS 2022 tidak hanya menampilkan mobil baru yang keren dan inovatif tetapi juga bus buatan karoseri indonesia yang tidak kalah futuristiknya 

Salah satunya Karoseri Laksana Asal Ungaran, Kabupaten Semarang Jawa Tengah.Kali Ini Laksana Memperkenalkan Legacy SR 3 dengan 3 varian yaitu Suites Class, Suites Combi, Ultimate. Namun, juga menampilkan laksana individual class dengan bus medium yaitu Tourista.

Bus ini menggunakan single glass karena faktor kenyamanan penumpang dan supir dan memandang ke depan. faktor kecelakaan biaya penggantian kaca yang sedikit murah dan waktu perbaikan yang lebih cepat dibandingkan double glass 

Legacy SR 3 Ultimate

Produk ini merupakan Produk Unggulan yang ditampilkan oleh karoseri Laksana. Legacy SR 3 ultimate ini aslinya dengan nama Legacy SR3 Panorama XHD ditambah dengan fitur ultimate. Menggunakan Chassis Scania K360IB 4X2 Opticruise Transmission dengan Wide Air Suspension. Kode Mesin scania K360 ini yaitu DC 13 


Kalau ini sebenarnya  XHD atau aslinya MAXI dengan tinggi 3,9 meter tapi kalau dilihat seolah - olah sama dengan high decker dengan tinggi 3,7 meter karena suspensi sedang turun 

Legacy SR3 Ultimate sebenarnya merupakan Pesanan PO SAN asal bengkulu yang ownernya merupakan orang dibalik pembuatan legacy SR series karena singkatan SR merupakan Sani Ririe. Sani Merupakan Direktur dari PO SAN dan Ririe Merupakan designer manager dari Karoseri Laksana. Pak Sani dan Pak Ririe sering melakukan project dalam pembuatan bis di Laksana 


Untuk Dasboard Bus Ini sangat simple tetapi tetap mempertahankan kemewahan dan fungsional dalam menggendarai bus dan uniknya Legacy SR 3 ini menggunakan power window sehingga bentuk pintu bus driver menjadi berbeda dari generasi sebelumnya sehingga dapat mempermudah dalam melakukan transaksi di pintu tol. Namun, tidak cocok untuk jalan daerah yang rawan melakukan pelemparan batu. 



Untuk Tampak belakang terdapat hal yang unik dari kaca terdapat lampu led yang menarik perhatian dan juga kisi - kisi untuk mesin belakang nampak terinspirasi dari  bus mercedes benz tourismo dan travego dan cocok juga untuk lampu variasi. Bus ini juga kelihatan mewah dari lampu.


Dari Penumpang karena ini pameran memang bentuknya konsep pameran seperti bus pribadi. Yang sebenarnya memang berbeda konsep dari PO SAN 






Untuk toilet terdapat di bagian tengah di pintu masuk karena di belakang tidak bisa dibuat saluran seperti septictank karena alasan mesin bus yang sangat besar 

Legacy SR 3 Suites Class 

Bus suites class ini memiliki perubahan dari suites class sebelumnya seperti konfigurasi 1 - 1 menjadi 2 -1 Namun dalam pemesanan 2 tempat duduk nanti harus menyerahkan KTP dan KK untuk menghindari hal yang tidak di inginkan/ sehingga dapat menampung 32 penumpang . Untuk Seat Menggunakan dari Karoseri Laksana sendiri . Laksana juga bisa menciptakan sofa didalam bus 



Untuk Suites Class hanya bisa digunakan dengan ketinggian 3,7 meter hingga 3,8 meter karena sangat mempengaruhi performa  mesin dan menghindari terjadi oleng yang menimbulkan kecelakaan




Chassis yang digunakan merupakan Hino RM 280 yang sudah memenuhi standar Euro 4 dengan air suspension hybrid (depan Narrow dan belakang Wide) dengan kode J - 08 E yang dibeli oleh Po Sudiro Tungga Jaya (STJ) Magetan, Jawa Timur.




Untuk Tampak Belakang dan samping dengan adanya single glass justru menambah kemewahan pada kendaraan ini namun untuk belakang tidak ada lampu pada kaca belakang seperti di ultimate.








Legacy SR 3 Suites Combi 





Untuk Suites Combi menggunakan Mercedes Benz OH 1626 dengan Narrow Airsuspension dengan mesin OM  906 LA. Bus ini telah dibeli oleh Sinar Jaya yang merupakan unit kedua mereka untuk suites combi ini.





Untuk Interior yang menggabungkan suites class dan ultimate bagian depan dengan konfigurasi 2 -2 dengan kursi biasa dan bagian belakang menggunakan suites class dengan konfigruasi 2 -1 sama seperti hal nya sr3 suites class 



Untuk toilet terdapat di pembatas kelas seat biasa dan suites class yang membuat kita begitu nyaman 
dan bus ini memiliki keuntungan dari memanajemen 2 kelas dalam 1 bis yang biasanya digunakan pada bus tingkat  (double decker) sehingga dapat melakukan efektivitas dan efisiensi dalam melayani penumpang 




Nah bagaimana guys ? lebih suka yang mana dalam perjalanan menggunakan bus dari laksana ?

Pssttt ada info SR 3 kini sedang ada antrian juga dari PO lain dari laksana kita tunggu saja ya 



Sumber Foto dan Penulis : LAPIGA 



Komentar