Daihatsu Indonesia Luncurkan Daihatsu GranMax Terbaru Ini Perbedaanya dengan Versi Jepang



Holla Shifters  ! Setelah 12 Tahun Lamanya Daihatsu meluncurkan Granmax untuk segmen kendaraan niaga Namun  Dijepang Pada tanggal 22 Juni, Daihatsu mengumumkan granmax secara tiba - tiba 






 Seperti disebutkan di atas, dua model yang diumumkan kali ini adalah Gran Max Minibus dan Gran Max pickup baru, kendaraan komersial yang memenuhi penggunaan bisnis masing-masing disebut van dan truk ringan.

 Bahkan, ini adalah mobil produksi luar negeri pertama yang dijual Daihatsu di Jepang, dan akan diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor, anak perusahaan lokal di Indonesia, dan akan diekspor dan dijual ke Jepang.



 Pertama-tama, Daihatsu menunjukkan tiga poin berikut sebagai fitur dari Grand Max baru.

[1] Lebih nyaman dibandingkan kendaraan niaga ringan (kapasitas muat, kegunaan, dll.)
[2] Performa dasar tinggi yang dapat diandalkan di berbagai lingkungan (performa berkendara, performa keselamatan, dll.)
[3] Kendaraan niaga yang telah aktif secara global Kualitas tinggi yang unik







 Seperti yang dikatakan Daihatsu sendiri, Grand Max satu ukuran lebih besar dari mobil ringan dan diposisikan sebagai kendaraan niaga kecil dibandingkan dengan Hiace.


 Panjang keseluruhan x lebar x tinggi adalah 4065 x 1665 x 1930mm untuk kargo dan 4295 x 1675 x 1920mm untuk truk, sehingga truk sedikit lebih besar baik panjang maupun lebarnya.








    Untuk Spesifikasi Di Indonesia Pada ubahan GranMax, terdapat khusus pada varian mesin berkapasitas 1.500cc yang menggunakan mesin baru 1.5L 2NR-VE Dual VVT-I. Mesin ini memiliki keunggulan dalam hal performa yang lebih responsif dengan kemampuan penyaluran tenaga hingga 97hp/6.000Rpm dan torsi mencapai 134N.m/4.400Rpm, sekaligus dengan konsumsi bahan bakar tetap irit dan ramah lingkungan. Sehingga Makin Kuat, Bisnisnya Makin Untung menjadi pesan yang cocok bagi para pelaku bisnis di Indonesia.

    Ada bagian kenyamanan, kini GranMax juga dilengkapi dengan EPS (Electronic Power Steering) agar lebih ringan ketika bermanuver saat berkendara dalam menjalankan operasional bisnis sehari-hari, dan juga mudah dalam perawatan. Pada bagian Interior, GranMax juga memiliki desain stir kemudi terbaru yang memudahkan operasional berkendara, serta tambahan cup holder dan dashboard storage untuk kemudahan peletakan barang yang serbaguna.

Namun bukaan kaca engkol masih tetap dipertahankan, sama dengan versi pendahulunya. Beda dengan Gran Max yang dijual di Malaysia sudah dilengkapi head unit double DIN, Power Window, dan kamera belakang.




Perubahan juga terjadi dari segi eksterior perubahan hanya terjadi dari penggunaan velg, kini berukuran 14 inch. Ground clearance Gran Max juga bertambah 15 mm. gran max terbaru menggunakan mesin NA 1.500 cc yang baru dikembangkan untuk mobil kompak. Setiap powertrain dilengkapi dengan mesin 1,5 liter 4 silinder segaris yang menghasilkan output maksimum 71 kW (97 PS) / 6000 rpm dan torsi maksimum 134 Nm (13,7 kgm) / 4400 rpm. Transmisinya adalah MT 5-percepatan dan AT 4-percepatan, dan sistem penggeraknya adalah 2WD (FR) dan 4WD.

 Dengan mengadopsi tata letak midship depan di mana mesin terletak di bawah kursi depan, distribusi bobot depan-belakang yang ideal tercapai, dan stabilitas lari yang tinggi dapat dicapai bahkan pada kecepatan tinggi dan di tikungan. Selain itu, radius belok minimum adalah 4,9 m, sehingga lebih mudah untuk bermanuver di jalan sempit.

 Kapasitas muat maksimum (2WD) sebesar 750 kg untuk Grand Max Cargo dan 800 kg untuk Grand Max Truck telah tercapai, memenuhi kebutuhan pengguna yang ingin membawa barang bawaan lebih banyak daripada kendaraan niaga ringan.

 Omong-omong, efisiensi bahan bakar katalog adalah 12,6km / L (2WD / 5MT mobil) untuk kargo dan 12,9km / L (sama) untuk truk dalam mode WLTC baru.


 Kedua model tersebut saat ini dijual sebagai "Grand Max Minibus" dan "Grand Max Pickup" di Indonesia, tetapi telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam menanggapi pasar Jepang, dan telah mengadopsi kamera stereo yang baru dikembangkan untuk keamanan preventif. Dilengkapi dengan fungsi "Smart Assist", fungsi pengereman yang mendukung penghindaran tabrakan yang juga mendukung pejalan kaki di malam hari, fungsi pencegahan start yang salah dengan kontrol rem (AT mobil) yang menekan start mendadak saat pedal diinjak karena kesalahan, jalur jalur Keselamatan dan keamanan didukung dengan enam fungsi, termasuk fungsi peringatan penyimpangan, fungsi pemberitahuan keberangkatan kendaraan sebelumnya, dan lampu sorot otomatis. Selain itu, peralatan keselamatan seperti VSC & TRC, lampu depan LED, dan sinyal berhenti darurat diadopsi.

Mobil ini dilengkapi dengan fitur keselamatan preventif yang disebut 'Smart Assist'. Dengan fitur itu, Daihatsu Granmax memiliki kamera stereo terbaru.

Namun Beberapa Fitur Granmax yang ada dijepang dan Indonesia mengalami perbedaan fitur yang dikarenakan persaingan harga kendaraan niaga yang sengit.

    Alasanya terdapat pada Riset Gran Max ini langsung disurvei dari si owner dan driver. Perusahaan itu dari fungsionalitasnya dilihat bisa dapat cuan atau tidak. Kalau driver itu lebih ke power mobilnya, enak atau tidak.Kebutuhan konsumen itu engine, power, dan fuel consumption. Pengusaha itu enggak terlalu peduli dengan bentuknya, bagi mereka, bentuk dan model saat ini masih oke, yang penting fungsionalitasnya

 Apakah mesin 1500cc yang ditawarkan dapat menjawab kebutuhan bisnis di indonesia ? 

Sumber :

https://bestcarweb.jp/newcar/165619

https://car.watch.impress.co.jp/docs/news/1260675.html
https://oto.detik.com/mobil/d-6264433/gran-max-di-jepang-lebih-canggih-di-indonesia-buka-jendela-kok-masih-engkol


Editor : LAPIGA 

Komentar