Kado Hari Sumpah Pemuda Dari Honda

Sebelum membaca ini, penulis ucapkan:

Selamat hari Sumpah Pemuda kepada semua pemuda Indonesia beserta elemen-elemen yang ada di Sabang sampai Merauke!!!


2021 adalah tahun dimana akhirnya mereka bisa ngejar ketinggalan dibandingkan brand lainnya disini. Hari ini, mereka lagi mengalami gejala Sedan Frenzy, karena di hari Sumpah Pemuda ini, mereka meluncurkan dua produk sedan, yakni City Sedan & Civic Sedan RS.


Let's start from the one that I waited for so long, which is City Sedan.

Presence depannya tidak setajam dan se-sporty yang sedan, namun masih meninggalkan impression kalau dia masih merupakan bagian dari City generasi terbaru.

Dia pakai chrome silver, bukan black yang seperti City Hatchback RS. Lampu utama nya Full LED dan LED DRL beserta LED foglamps.

Mungkin yang membuat dia agak obsolete adalah pelek 16" nya yang single tone. Semoga aja Modulo menjual pelek two-tone khusus City Sedan ini.

Desain sampingnya, gua suka melihatnya dari pertama kali lihat di video review Lugnutz Auto Junkie (waktu itu adalah City Sedan RS Turbo).

Desain belakangnya ini sama kek saudaranya yang hatchback (dalam artian, menimbulkan konspirasi cocoklogi). Apabila desain belakang City Hatchback mirip Mercedes-Benz A-Class, maka City Sedan ini mirip BMW 3-Series G20. Terutama pada lampu belakangnya.

Setidaknya lampu belakangnya ini udah makai Rear Combi Lights with LED Bar Lights.

Jadi apabila anda ingin BMW 3-Series G20, tapi budget gak kesampaian, ini bisa jadi pertimbangan. Lumayan kan beli presence-nya dulu.

Yang berbeda dari City Sedan adalah vibe-nya. Karena dia gak banyak hiasan merah-merahnya. Dimulai pada ring speedometer serta jahitan pada steering wheel yang pakai warna putih. Selain itu, tidak ada jahitan merah di atas laci dashboard penumpang depan. Urusan baris ke-2, duduknya agak 11-12 dengan City Hatchback, luas and akomodatif kelihatannya, but we'll have to see.

Mesinnya sama dengan City Hatchback RS: 1.500cc DOHC dengan tenaga 121 PS dan torsi 145 NM dengan transmisi CVT berpenggerak roda depan.

Urusan fitur dan desain dashboard, dia sama aja dengan saudaranya yang hatchback itu.

Pilihan warna juga hanya ada 3, yakni Meteoroid Gray Metallic (as the hero color), Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl.

Harganya sendiri dibanderol 355 Juta (On The Road).


Let's move on ke ikon dari Honda yang generasi terbarunya udah ditunggu-tunggu disini, yakni Civic

Kalau dibuat versi RS, lumayan sporty than I could think of (walaupun masih sebatas photo).

Sedannya lumayan juga kalau dibuat sporty kek gini. Semoga hatchback-nya bisa nyusul, secara populasinya lebih banyak disini daripada Sedan menurut sudut pandang gua.

Depannya ini terlihat lebih pipih dibandingkan gen sebelumnya. Trim RS ini membuat presence depannya lebih sporty. Selain itu, lampu depannya ini udah pakai Full LED ditemani dengan LED DRL.

Walaupun kalau ditanya pribadi, saya kurang suka desain kaca sampingnya (terutama yang pilar C) yang udah ke Accord-Accord an, terutama yang generasi sekarang. Setidaknya dia makai pelek 17" single tone warna hitam yang terlihat senada dengan sportiness-nya alongside door handle yang udah makai warna hitam, begitu juga dengan side mirror kiri/kanan dan shark fin antenna yang udah makai warna hitam juga.

Kompensasi sama kekurang sreg gua sama sampingnya itu berlanjut pada desain belakangnya yang lumayan sporty, berkat pengaplikasian dari 2 knalpot asli beserta lips spoiler warna hitam yang terlihat lumayan kece. Belakangnya ini sebenarnya terlihat cans dengan warna merahnya itu, not to mention lampunya yang udah pasti LED dan desainnya yang bolehlah. Dilihat-lihat lagi, build quality dari outside-nya terlihat membaik (just hope it isn't a fluke).

Mesinnya masih sama sih, 1.500cc Turbo DOHC, tenaganya sekarang jadi 178 HP (dulunya 173 HP) dan torsi tetap 240 NM, dipadukan dengan CVT yang disalurkan ke roda depan.

Selain exterior, interiornya juga berubah drastis.

Ini mungkin perubahan yang paling gua suka karena sangat drastis, serta terlihat sangat modern, namun lumayan sporty. Jangan salfok sama tuas transmisi yang ditemani dengan jahitan merah itu, alongside steering wheel yang udah bisa tilt & telescopic ini yang juga mendapat jahitan merah. Fokus juga kepada tuas rem dan gas yang makai aluminium, beserta soket 12V, USB slot, 2 cup holder tengah, armrest dengan jahitan merah dan drive mode. Fitur lainnya terdiri dari Auto Dimming Mirror, LED Map Light, serta USB baris ke-2.

Speedometer sekarang udah beneran digital. Dan digital beneran, buka seperti gen 10 yang kek layar calculator. Jenisnya adalah 10,2" berjenis TFT. AC yang dimilikinya berjenis Dual-Zone beserta pengaturan jok pengemudi udah memakai electric dengan 8 arah. Selain itu, desain dashboard yang dimilikinya gak banyak lekukan aneh-aneh. Dia lumayan simple, namun dengan jeroan yang cukup maksimal.

Layar entertainment yang berukuran 9" ini mencakup fitur-fitur kekinian yang udah standar seperti Android Auto/Apple CarPlay, BT, Car Settings, Audio, Radio, etc. 8-Speaker siap membuat telinga anda tidak hambar. 

Joknya sendiri memakai campuran antara kulit dan suede, ditemani dengan jahitan merah.


Yang unik dari Civic Sedan RS ini adalah Keycard yang berfungsi untuk akses fitur seperti Start/Stop Engine Ignition, Walk Away Door Lock, Smart Entry System. Bentuknya kece nih. Can't wait to see it in real life.

Dan akhirnya!!

Dia punya fitur yang sangat dibutuhkan oleh mobil ini karena gen 10th nya kalah telak urusan ini, yakni Honda Sensing.

Honda Sensing yang dipakai Civic RS ini terdiri dari Collision Mitigation Braking System, Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, Lane Keeping Assist, Honda LaneWatch, Road Departure Mitigation, Lead Car Departure Mitigation, dan Auto High-Beam. Fitur lainnya ada Remote Engine Start, Rear Camera, Hill Start Assist, Driver Attention Monitor.

Pilihan warnanya ada Ignite Red Metallic (as the hero color), Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl.

Harganya dibanderol sebesar 567 juta (On The Road).


Jujur aja, penulis senang banget meliha dua sedan ikonik dari Honda ini akhirnya mendapatkan perubahan dan bisa juga sampai di Indonesia. Definitely can't wait to see this car in person ;)

Komentar