Maserati menulis babak baru dalam sejarahnya dengan memperluas koleksi Trofeo-nya. Menyusul peluncuran Levante Trofeo pada tahun 2018, versi SUV yang paling ekstrem dan paling bertenaga, Quattroporte dan Ghibli Trofeo baru sekarang tersedia, mencapai puncak kinerja, sporty, dan kemewahan.
Untuk menyoroti sekali lagi identitas Maserati yang seluruhnya-Italia, warna yang dipilih untuk peluncuran koleksi Trofeo adalah warna bendera negara: hijau untuk Quattroporte, putih untuk Levante dan merah untuk Ghibli, yang dipadukan dengan karya krom yang mengilap dan trim merah mengkilap untuk tampilan yang sangat agresif dan elegan.
Maserati menafsirkan kembali sedannya dengan memperkenalkan mesin V8.
Jantung dari Ghibli dan Quattroporte Trofeo adalah mesin berkapasitas 3.8 l V8 Twin Turbo dengan output tenaga 580 hp pada 6.250 rpm dan torsi puncak 730 Nm.
Mesinnya dibangun di pabrik Ferrari di Maranello sesuai spesifikasi Maserati, dan telah dimodifikasi dan dikembangkan untuk memberikan performa yang sama impresifnya pada sedan bermesin belakang.
Meskipun benar-benar baru untuk Ghibli, mesin V8 telah digunakan sebelumnya pada Quattroporte GTS, dalam versi 530 hp. Saat ini, mesin V8 580 hp tersedia pada Ghibli, Quattroporte, dan Levante.
Ghibli dan Quattroporte Trofeo dengan bangga mengklaim sebagai sedan Maserati tercepat yang pernah ada, dengan kecepatan tertinggi 326 km / jam. Kecepatan maksimum Levante Trofeo adalah 302 km / jam.
Seperti Levante Trofeo, Ghibli dan Quattroporte Trofeo yang baru juga menggabungkan sistem Integrated Vehicle Control (IVC), dengan pengaturan khusus yang menjamin dinamika berkendara yang ditingkatkan, keselamatan aktif yang lebih baik, dan kinerja yang bahkan lebih mendebarkan. Sedan memiliki tombol Corsa yang membuat mobil ini memiliki gaya berkendara yang lebih sporty. Juga termasuk Launch Control, sebuah fungsi yang pertama kali muncul di Levante Trofeo, untuk melepaskan semua tenaga mesin dan memberikan performa yang menakjubkan dan pengalaman berkendara Maserati yang otentik.
Meskipun ciri khas setiap Maserati terletak pada suara mesinnya, kini koleksi Trofeo akan semakin terlihat khas, berkat sentuhan gaya khusus yang menjadi ciri model berperforma tinggi ini. Ini termasuk gril depan dengan palang vertikal kembar dalam finishing Black Piano, dan pengenalan serat karbon pada trim saluran udara depan dan ekstraktor belakang, untuk efek yang lebih agresif.
Seluruh koleksi Trofeo dibedakan dengan detail merah yang menjadi ciri profil bagian bawah ventilasi udara samping dan tanda petir pada lencana Trident pada pilar-C.
Perubahan besar terdapat pada bagian belakang mobil, di mana cluster lampu telah sepenuhnya dibenahi, dengan profil mirip bumerang yang terinspirasi dari mobil konsep 3200 GT dan Alfieri.
Untuk Ghibli Trofeo, kap mesin juga telah dibenahi, dengan dua saluran udara agresif untuk pendinginan yang lebih baik, seperti pada Levante Trofeo.
Ghibli dan Quattroporte Trofeo dilengkapi dengan roda Orione aluminium 21". Roda Orione 22" tersedia di Levante Trofeo.
Karakterisasi Trofeo berlanjut di interior, dengan panel on-board baru yang menampilkan antarmuka eksklusif saat dinyalakan, sementara sandaran kepala memiliki lencana Trofeo dengan nama dalam relief tiga dimensi. Eksklusivitas juga meluas ke pelapis interior, dengan bahan kulit alami Pieno Fiore yang utuh.
Sistem ADAS telah berevolusi untuk menyertakan fungsi-fungsi baru, dan berkat Active Driving Assist, fungsi mengemudi yang dibantu sekarang dapat diaktifkan di jalan perkotaan dan jalan raya biasa.
Teknologi baru juga muncul di MIA (Maserati Intelligent Assistant), layar multimedia dengan resolusi yang ditingkatkan dan ukuran yang lebih besar - 10,1 ”pada Ghibli Trofeo dan Quattroporte Trofeo, sementara Levante mempertahankan tampilan 8,4”, tetapi dengan resolusi dan grafik yang ditingkatkan. Lebih lanjut, berkat program Maserati Connect, kini koleksi Trofeo selalu terhubung, dengan rangkaian layanan lengkap untuk mempermudah penggunaannya.
Ghibli dan Quattroporte Trofeo akan dibangun di Pabrik Avvocato Giovanni Agnelli (AGAP) di Grugliasco (Turin), dan Levante Trofeo di pabrik Mirafiori (Turin).
Here's the spec:
TECHNICAL
SPECIFICATIONS
|
LEVANTE TROFEO
|
GHIBLI TROFEO
|
QUATTROPORTE
TROFEO
|
Engine Layout
|
Petrol 90° V8, twin-turbo - direct injection (GDI)
|
Petrol 90° V8, twin-turbo - direct injection (GDI)
|
Petrol 90° V8, twin-turbo - direct injection (GDI)
|
Displacement (cc)
|
3,799
|
3,799
|
3,799
|
Max. power output (hp @ rpm)
|
580@ 6,250 (Europe; North America; Korea; China;
Japan; India)
590@ 6,250
(other markets)
|
580 @ 6,750
|
580 @ 6,750
|
Peak torque (Nm @ rpm)
|
730 @ 2.500 - 5,000
|
730@ 2.250-5.250
|
730@ 2,250– 5,250
|
Fuel Consumption
WLTC
|
13.2-13.7
|
12.3-12.6
|
12.2-12.5
|
0-100 km/h (sec)
|
4.1 (Europe; North America; Korea; China; Japan;
India)
3.9 (other markets)
|
4.3
|
4.5
|
Top speed (km/h)
|
302 km/h (Europe; North America; Korea; China;
Japan; India)
304 km/h (other markets)
|
326
|
326
|
100-0 km/h (m)
|
34.5
|
34.0
|
34.0
|
Gearbox
|
ZF eight-speed
automatic
|
||
Transmission
|
Q4 Intelligent All-Wheel Drive with rear Limited-Slip Differential
|
Rear-wheel drive with rear limited slip
self-locking mechanical differential
|
Rear-wheel drive with self-locking
differential
|
Front Suspension
|
Double-wishbone, adjustable Air Springs, Skyhook shock absorbers
|
Double-wishbone, Skyhook shock absorbers, anti-roll bar
|
Double-wishbone, Skyhook shock absorbers, anti-roll bar
|
Rear Suspension
|
Multi-Link, adjustable Air Springs, Skyhook shock absorbers
|
Multi-Link, Skyhook shock absorbers, anti-roll bar
|
Multi-Link, Skyhook shock absorbers, anti-roll bar
|
Length/width/height (mm)
|
5,003 / 1,968 /
1,679
|
4,971 / 1,945 / 1,461
|
5,262 / 1,948 / 1,481
|
Wheelbase (mm)
|
3,004
|
2,998
|
3,171
|
Kerb Weight (kg)
|
2,170
|
1,969
|
2,000
|
Gallery:
Komentar
Posting Komentar