Her name is MINI John Cooper Works GP.
Jakarta. MINI Indonesia meluncurkan the new MINI John Cooper Works GP secara virtual. Model paling buas dari merek Inggris dengan legalitas penggunaan di jalan raya kini telah mendarat di Indonesia. Hanya diproduksi selama satu periode di tahun 2020, MINI John Cooper Works GP hanya diproduksi sebanyak 3,000 unit secara global, dan si funky beast ini hanya tersedia bagi 12 orang pelanggan di Indonesia.
This is the statement from Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia about this funky beast:
“Hari ini, kami merayakan premiere the new MINI John Cooper Works GP di Indonesia - MINI paling buas yang pernah disetujui untuk penggunaan di jalan raya – road legal. Dengan peluncuran model MINI John Cooper Works GP di Indonesia, kami berharap dapat menggairahkan para penggemar MINI dengan kombinasi tenaga mesin, go-kart feeling yang ekstrem, dan desain yang fantastis. Pada saat yang sama, peluncuran mobil ini garisbawahi komitmen kami untuk terus kembangkan brand MINI di Indonesia. Dengan spesifikasi tertinggi di jajaran model MINI John Cooper Works, MINI JCW GP ini tunjukkan bahwa MINI Indonesia tetapkan tolok ukur baru dalam hal performa dan keseruan berkendara untuk segmen sports car premium kompak di Indonesia. Model performa-tinggi dan sporty MINI selalu menjadi favorit pelanggan kami, sebagaimana tercermin dari hasil penjualan MINI GT Special Edition. Permintaan terhadap edisi khusus MINI baru ini benar-benar kuat dengan kuota yang sudah terisi bahkan sebelum mobil tersebut mendarat di Indonesia.”
And this is from Kidd Yam, Head of MINI Asia in his enthusiastic statement:
“The new MINI John Cooper Works GP adalah jenis sports car langka dengan DNA motorsport dan tetapkan tolok ukur baru untuk tenaga mesin dan kedinamisan berkendara di segmen sports car premium kompak. Dengan hanya 3,000 unit yang diproduksi di MINI Plant Oxford, mesin turbocharged 4-silinder 306 hp memungkinkan model dua kursi ini melesat dari 100 km/jam hanya dalam 5.2 detik.”
Mesin 4 silinder, yang dirancang untuk kinerja maksimum dan berdasarkan pada keahlian di motorsport, menghasilkan tenaga yang dibutuhkan untuk karakteristik kinerja hebat yang diasosiasikan dengan MINI John Cooper Works GP baru. Mesin 2.0 liter memamerkan generasi terbaru dari teknologi MINI TwinPower Turbo serta banyak fine-tuning yang membedakannya dari mesin varian MINI John Cooper Works lainnya. Antara lain adalah crankshaft yang diperkuat dengan diameter bantalan utama yang diperbesar, piston-piston yang dikembangkan khusus, batang penghubung bushless serta peredam vibrasi torsional baru dengan pendinginan yang dioptimalkan.
Kinerja ekstrim dari mesin 4-silinder dicapai dengan menggunakan turbocharger yang baru dikembangkan dan divert-air valve generasi terbaru kondusif untuk respons tenaga spontan. Adanya multi-hole injectors, yang diatur secara presisi di antara katup, mampu atasi laju aliran udara yang meningkat, membawa bahan bakar ke dalam ruang bakar pada tekanan injeksi hingga 350 bar. MINI John Cooper Works GP baru memiliki sump oli mesin khusus dengan volume yang meningkat dan geometri khusus. Ini memastikan suplai oli yang stabil pada setiap saat, bahkan selama menggunakan gaya berkendara ekstrem yang melibatkan akselerasi tingkat tinggi secara longitudinal dan lateral.
Modifikasi ekstensif pada mesin dan Teknologi MINI TwinPower Turbo diklaim mampu menghasilkan respons yang sangat spontan terhadap setiap gerakan pedal akselerator menghasilkan kenaikan tenaga secara simultan hingga RPM tinggi. Mesin 4 silinder hasilkan torsi maksimum 450 Nm dengan output maksimum sebesar 306 hp. Tenaga yang dihasilkan dapat digunakan untuk manuver akselerasi tinggi. Impact-nya adalah mesin ini adalah salah satu terbuas yang pernah dibuat oleh MINI.
Suara yang dihasilkan oleh sistem exhaust, yang dikembangkan khusus untuk model ini, diperkuat oleh power delivery yang spontan dan revving yang menderu. Saat mengemudi dengan santai di rentang putaran mesin rendah, sports car premium kompak ini hasilkan suara yang merdu dan dalam. Dengan beban penuh, pengembangan daya tersebut didukung oleh tekanan balik catalytic dan disertai dengan suara yang terinspirasi oleh sports car. Karakter sports car yang sangat sporty ditekankan oleh akustik ini sehingga berkontribusi pada pengalaman berkendara seru bagi pengemudi dan penumpang.
Manajemen suhu yang dikembangkan bukan hanya sekedar manajemen suhu pada umumnya, karena dia dipenuhi oleh konsep pendinginan yang dikembangkan khusus untuk MINI John Cooper Works GP baru berdasarkan keahlian di dunia motorsport. Dua pendingin eksternal untuk performa maksimal di suhu tinggi, tangki dengan volume yang meningkat, sistem penyimpanan modul pendingin yang dirancang khusus, dan kipas listrik dengan output yang meningkat memastikan bahwa mesin mempertahankan suhu pengoperasian optimal pada setiap saat - bahkan dengan beban tinggi dan dengan gaya mengemudi yang sporty.
MINI John Cooper Works GP baru dilengkapi sebagai standard dengan transmisi Steptronic 8-percepatan, lengkap dengan kunci diferensial terintegrasi dan disesuaikan dengan karakteristik kinerja mesin dan torsi tinggi. Generasi terbaru dari transmisi ini memiliki efisiensi internal yang meningkat serta penghantaran torsional yang diperpanjang. Kopling konverter torsi, yang ditutup segera setelah sports car mulai berjalan, memastikan tautan mesin langsung dan nuansa berkendara spontan. Sistem kontrol transmisi baru memungkinkan strategi pemindahan gigi yang sangat sporty. Transmisi Steptronic 8-percepatan dioperasikan melalui sakelar pemilih gigi elektronik model-spesifik. Intervensi manual dalam pemilihan gigi juga dimungkinkan dengan menggunakan shift paddle standar pada roda kemudi.
Penyetelan model-spesifik untuk transmisi Steptronic 8-percepatan merupakan elemen lain dari paket teknologi penggerak dan suspensi yang secara tepat diarahkan untuk kinerja maksimal, sehingga memberikan keunikan sendiri dari MINI John Cooper Works GP yang baru ini. Ini tercermin dalam karakteristik shift yang dimaksudkan untuk berkendara sporty - misalnya dengan downshifts rem yang lebih tajam dan beberapa downshifts langsung selama akselerasi yang kuat.
Tbh, gua yakin ada beberapa dari kalian yang kecewa karena MINI kagak pakai Double Clutch. Namun MINI punya alasannya. Itu adalah karena torsi yang dimilikinya cukup besar dan Double Clutch dirasa kurang cocok untuk menghela spesifikasi dengan mesin itu. Clubman and Countryman JCW juga tidak menggunakan Double Clutch.
Namun Mr. Kidd Yam remain confident bahwa 8-speed ini akan tetap sporty seperti Double Clutch 7-speed.
Dengan kinematika dan elastokinematika model-spesifik, teknologi suspensi MINI John Cooper Works GP diklaim akan membuka dimensi baru dari pengalaman berkendara go-kart yang khas. Besides, MINI udah terkenal akan go-kart feel in terms of driving quality.
Dalam program pengujian intensif di Nürburgring Nordschleife dan trek balap lainnya, suspensinya disetel secara tepat sesuai dengan output mesin yang tinggi serta konsep kendaraan sebagai atlet luar biasa dalam segmen kompak. Versi model-spesifik dari single-joint spring strut untuk roda depan dan gandar belakang multilink juga dioptimalkan. Untuk meningkatkan kelincahan, lebar track meningkat dan bodi lebih rendah 10 mm dibandingkan dengan MINI John Cooper Works lainnya. Pegas suspensi yang disetel khusus juga merupakan bagian dari suspensi model-spesifik, seperti auxiliary springs, dampers dan stabilisers. Swivel bearings yang baru memungkinkan peningkatan level camber di roda depan. Bersama dengan peningkatan level camber pada roda belakang, ini tingkatkan potensi untuk mentransmisikan gaya lateral saat menikung secara dinamis. Stabiliser bearings pada gandar depan dan belakang dengan preload yang sangat tinggi mengoptimalkan body-roll selama gerakan kemudi spontan.
Sistem rem sports di MINI John Cooper Works GP baru memastikan kinerja deselerasi tinggi yang konsisten bahkan ketika digunakan secara intensif. Sistem ini terdiri dari rem cakram kaliper-tetap 4-piston di roda depan dan rem kaliper-mengambang piston-tunggal di roda belakang. Sistem rem sports ini dicirikan oleh stabilitas tinggi dan penggunaan pedal yang nyaman. Kaliper depan terbuat dari aluminium dan dikombinasikan dengan cakram berventilasi 360 × 30 mm. Kaliper ini berwarna Chili Red dan berlogo John Cooper Works.
MINI John Cooper Works GP baru hadir dengan velg 18 inci. Hadir dalam format 8,0 J × 18, berat kurang dari 9 kg dan dilengkapi dengan ban berperforma tinggi yang khusus dikembangkan untuk sports car. Dop pada velg eksklusif lengkap dengan logo GP. Struktur dan profil ban 225/35 R 18 dirancang untuk pastikan presisi kemudi maksimum, transmisi optimal gaya lateral saat menikung, dan peningkatan traksi selama akselerasi dan deselerasi.
MINI John Cooper Works GP baru memiliki fitur desain model-spesifik yang membuatnya menonjol. Fitur ini juga berikan kontribusi yang signifikan terhadap karakteristik mengemudi - yaitu stabilitas dan kemampuan kontrol yang presisi bahkan dalam situasi yang dinamis. Bodi yang telah dimodifikasi secara rinci optimalkan keseimbangan aerodinamis dan suplai udara pendingin yang ditargetkan ke mesin dan sistem rem. Spoiler-wing besar dengan kontur double-wing, desain apron surround depan model-spesifik yang dikenal sebagai Blackband dan spoiler lip depan dari MINI John Cooper Works GP baru membentuk paket terkoordinasi yang dirancang khusus untuk mengurangi gaya angkat. Hasilnya, koefisien drag yang makin baik secara signifikan dibandingkan dengan MINI John Cooper Works.
Fitur paling terlihat secara visual yang penting dalam hal karakteristik aerodinamis mobil ini juga mencakup fender yang besar dan melebar. Panel lengkungan roda tersebut diproduksi melalui proses khusus dan dengan kombinasi bahan yang digunakan untuk pertama kali oleh BMW Group yang terdiri dari substruktur termoplastik dan shell luar terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP). Konstruksi ringan yang cerdas berjalan seiring dengan penggunaan sumber daya yang berkelanjutan. Bahan baku untuk shell-shell terluar, yang terbuat dari fleece CFRP sangat ringan, adalah bahan halus yang didaur ulang dari produksi BMW i3 dan BMW i8. Keempat komponen CFRP yang dibutuhkan untuk setiap kendaraan diproduksi menggunakan alat pengepresan basah. Dengan cara ini, proses produksi yang sangat efisien dapat diterapkan yang sebelumnya hanya diterapkan dalam produksi volume tinggi.
Penutup lengkungan roda dengan struktur CFRP dijahit secara heksagon, double matt finish, dan penomoran berurutan memberi masing-masing 3.000 kendaraan yang diproduksi menjadi sebuah sorotan visual yang unik. MINI John Cooper Works GP baru adalah kendaraan produksi pertama BMW Group yang memiliki lapisan exposed matt CFRP. Penomoran individual dengan angka "0001" hingga "3000" ditempel pada permukaan panel lengkungan roda depan melalui proses transfer cat yang baru dikembangkan. Diluncurkan di tahun 2020 ini, MINI Indonesia menyimpan penomoran “0075” untuk konsumen di Indonesia untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia tahun ini. Kurang mulia apalagi MINI sama tanah air kita yang tercinta ini.
Warna Racing Grey metallic yang dipakai, eksklusif untuk JCW GP dan digunakan untuk cat eksterior. Sementara itu, atap dan tutup cermin eksterior dibuat dengan warna kontras yaitu Melting Silver metallic. Sama seperti apron depan, apron belakang dengan lampu kabut belakang terintegrasi memiliki bentuk yang khas. Cross-member pada gril radiator heksagonal, sisipan pada intake udara rendah, dan bagian dalam spoiler atap dicat dengan warna Chili Red mengkilap. Sementara itu, logo GP di bagian depan dan belakang, sisi luar dari spoiler atap dan sill finishers pintu, serta foil di atas skirt samping, menyandang huruf "GP" dalam Rosso Red metallic matt.
Dua kursi dan isolasi akustik yang dimilikinya dikurangi untuk tujuan optimasi bobot juga memberikan interior MINI John Cooper Works GP baru nuansa mobil sport yang otentik. Peralatan standar termasuk kursi sports John Cooper Works dalam kombinasi Dinamica/leather dengan tepi sisi perak, jahitan aksentuasi merah, lencana GP di bawah sandaran kepala terintegrasi dan tali sabuk merah. Trim interior pada 3.000 atlet ekstrim dalam bentuk MINI GP diterapkan melalui pencetakan 3D. Roda kemudi leather model-spesifik John Cooper Works juga memperoleh karakter eksklusif dari aksentuasi yang dihasilkan menggunakan proses pencetakan 3D. Lapisan aksentuasi merah dan pelek roda kemudi terbuat dari leather nappa lembut, yang menampilkan tanda logam untuk posisi jam 12, dibuat menggunakan proses manufaktur tambahan.
Paddle shift pada roda kemudi juga dicetak 3D dalam logam. Selain logo GP, struktur hexagonal yang khas dapat dilihat pada permukaan paddle tersebut. Aksentuasi warna di kokpit yang mayoritas gelap disediakan oleh logo GP merah di tikar lantai, garis ganda yang serasi pada selektor gigi dan batang pelindung beban aluminium bercat Chili Red yang dicat di belakang kursi. Ini berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah barang bawaan tergelincir ke depan jika terjadi pengereman mendadak.
MINI John Cooper Works GP baru hadir standar dengan kontrol AC otomatis dan 8.8” MINI Navigation System yang mencakup fitur wireless-charging. Juga mencakup kluster instrumen digital pada kolom kemudi. Layar warna 5-inci beresolusi tinggi menunjukkan kecepatan jalan baik secara numerik maupun di skala. Logo GP ditampilkan secara permanen di bagian atas layar. Animasi grafis sebelum kendaraan mulai berjalan tampilkan sebuah gambar model-spesifik termasuk logo GP.
Spesifikasi MINI John Cooper Works GP baru:
Mesin bensin empat-silinder dengan Teknologi MINI TwinPower Turbo (turbocharging, direct injection, VALVETRONIC).
Kapasitas: 1,998 cc.
Output maksimum: 306 hp pada 5,000 – 6,250 rpm.
Torsi maksimum: 450 Nm pada 1,750 – 4,500 rpm.
Akselerasi: 0-100 km/j dalam 5.2 detik.
Kecepatan puncak: 265 km/j.
Konsumsi bahan bakar: 7.5 l/100 km.
Emisi CO2: 171 g/km.
Transmisi: 8-Speed Steptronic
Berat: 1330 Kg
New MINI John Cooper Works GP hadir dalam jumlah yang sangat terbatas dengan Recommended Retail Price Rp. 1.500.000.000,-
Jatah untuk Indonesia merupakan yang terbanyak se-ASEAN. Namun hanya tinggal setengah lagi. Kurang GG apalagi coba? 😂
Jakarta. MINI Indonesia meluncurkan the new MINI John Cooper Works GP secara virtual. Model paling buas dari merek Inggris dengan legalitas penggunaan di jalan raya kini telah mendarat di Indonesia. Hanya diproduksi selama satu periode di tahun 2020, MINI John Cooper Works GP hanya diproduksi sebanyak 3,000 unit secara global, dan si funky beast ini hanya tersedia bagi 12 orang pelanggan di Indonesia.
This is the statement from Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia about this funky beast:
“Hari ini, kami merayakan premiere the new MINI John Cooper Works GP di Indonesia - MINI paling buas yang pernah disetujui untuk penggunaan di jalan raya – road legal. Dengan peluncuran model MINI John Cooper Works GP di Indonesia, kami berharap dapat menggairahkan para penggemar MINI dengan kombinasi tenaga mesin, go-kart feeling yang ekstrem, dan desain yang fantastis. Pada saat yang sama, peluncuran mobil ini garisbawahi komitmen kami untuk terus kembangkan brand MINI di Indonesia. Dengan spesifikasi tertinggi di jajaran model MINI John Cooper Works, MINI JCW GP ini tunjukkan bahwa MINI Indonesia tetapkan tolok ukur baru dalam hal performa dan keseruan berkendara untuk segmen sports car premium kompak di Indonesia. Model performa-tinggi dan sporty MINI selalu menjadi favorit pelanggan kami, sebagaimana tercermin dari hasil penjualan MINI GT Special Edition. Permintaan terhadap edisi khusus MINI baru ini benar-benar kuat dengan kuota yang sudah terisi bahkan sebelum mobil tersebut mendarat di Indonesia.”
And this is from Kidd Yam, Head of MINI Asia in his enthusiastic statement:
“The new MINI John Cooper Works GP adalah jenis sports car langka dengan DNA motorsport dan tetapkan tolok ukur baru untuk tenaga mesin dan kedinamisan berkendara di segmen sports car premium kompak. Dengan hanya 3,000 unit yang diproduksi di MINI Plant Oxford, mesin turbocharged 4-silinder 306 hp memungkinkan model dua kursi ini melesat dari 100 km/jam hanya dalam 5.2 detik.”
Si funky beast ini juga dilengkapi dengan teknologi suspensi yang dikonfigurasi berdasarkan keahlian John Cooper Works di dunia Motorsport, serta bodi yang dioptimalkan untuk konstruksi yang lebih ringan, body stiffness yang lebih baik, dan aerodinamika yang able to give you an edge in circles. Model ini merupakan bagian dari tradisi menarik yang telah dikaitkan erat dengan nama perancang legendaris Formula 1, yaitu John Cooper, sejak debut Mini klasik pada 60 tahun yang lalu. Baik di jalan maupun di trek balap, kombinasi ini telah menjadi inspirasi dunia motorsport. Dimulai pada kelahiran Mini Cooper pertama, kemenangannya di British Car Touring Championship, tiga kali menjuarai Monte Carlo Rally, seri balap MINI Challenge, dan banyak prestasi di Dakar Rally. Selain itu juga terus hadirkan generasi terbaru dari model-model John Cooper Works.
Mesin 4 silinder, yang dirancang untuk kinerja maksimum dan berdasarkan pada keahlian di motorsport, menghasilkan tenaga yang dibutuhkan untuk karakteristik kinerja hebat yang diasosiasikan dengan MINI John Cooper Works GP baru. Mesin 2.0 liter memamerkan generasi terbaru dari teknologi MINI TwinPower Turbo serta banyak fine-tuning yang membedakannya dari mesin varian MINI John Cooper Works lainnya. Antara lain adalah crankshaft yang diperkuat dengan diameter bantalan utama yang diperbesar, piston-piston yang dikembangkan khusus, batang penghubung bushless serta peredam vibrasi torsional baru dengan pendinginan yang dioptimalkan.
Kinerja ekstrim dari mesin 4-silinder dicapai dengan menggunakan turbocharger yang baru dikembangkan dan divert-air valve generasi terbaru kondusif untuk respons tenaga spontan. Adanya multi-hole injectors, yang diatur secara presisi di antara katup, mampu atasi laju aliran udara yang meningkat, membawa bahan bakar ke dalam ruang bakar pada tekanan injeksi hingga 350 bar. MINI John Cooper Works GP baru memiliki sump oli mesin khusus dengan volume yang meningkat dan geometri khusus. Ini memastikan suplai oli yang stabil pada setiap saat, bahkan selama menggunakan gaya berkendara ekstrem yang melibatkan akselerasi tingkat tinggi secara longitudinal dan lateral.
Modifikasi ekstensif pada mesin dan Teknologi MINI TwinPower Turbo diklaim mampu menghasilkan respons yang sangat spontan terhadap setiap gerakan pedal akselerator menghasilkan kenaikan tenaga secara simultan hingga RPM tinggi. Mesin 4 silinder hasilkan torsi maksimum 450 Nm dengan output maksimum sebesar 306 hp. Tenaga yang dihasilkan dapat digunakan untuk manuver akselerasi tinggi. Impact-nya adalah mesin ini adalah salah satu terbuas yang pernah dibuat oleh MINI.
Suara yang dihasilkan oleh sistem exhaust, yang dikembangkan khusus untuk model ini, diperkuat oleh power delivery yang spontan dan revving yang menderu. Saat mengemudi dengan santai di rentang putaran mesin rendah, sports car premium kompak ini hasilkan suara yang merdu dan dalam. Dengan beban penuh, pengembangan daya tersebut didukung oleh tekanan balik catalytic dan disertai dengan suara yang terinspirasi oleh sports car. Karakter sports car yang sangat sporty ditekankan oleh akustik ini sehingga berkontribusi pada pengalaman berkendara seru bagi pengemudi dan penumpang.
Manajemen suhu yang dikembangkan bukan hanya sekedar manajemen suhu pada umumnya, karena dia dipenuhi oleh konsep pendinginan yang dikembangkan khusus untuk MINI John Cooper Works GP baru berdasarkan keahlian di dunia motorsport. Dua pendingin eksternal untuk performa maksimal di suhu tinggi, tangki dengan volume yang meningkat, sistem penyimpanan modul pendingin yang dirancang khusus, dan kipas listrik dengan output yang meningkat memastikan bahwa mesin mempertahankan suhu pengoperasian optimal pada setiap saat - bahkan dengan beban tinggi dan dengan gaya mengemudi yang sporty.
MINI John Cooper Works GP baru dilengkapi sebagai standard dengan transmisi Steptronic 8-percepatan, lengkap dengan kunci diferensial terintegrasi dan disesuaikan dengan karakteristik kinerja mesin dan torsi tinggi. Generasi terbaru dari transmisi ini memiliki efisiensi internal yang meningkat serta penghantaran torsional yang diperpanjang. Kopling konverter torsi, yang ditutup segera setelah sports car mulai berjalan, memastikan tautan mesin langsung dan nuansa berkendara spontan. Sistem kontrol transmisi baru memungkinkan strategi pemindahan gigi yang sangat sporty. Transmisi Steptronic 8-percepatan dioperasikan melalui sakelar pemilih gigi elektronik model-spesifik. Intervensi manual dalam pemilihan gigi juga dimungkinkan dengan menggunakan shift paddle standar pada roda kemudi.
Penyetelan model-spesifik untuk transmisi Steptronic 8-percepatan merupakan elemen lain dari paket teknologi penggerak dan suspensi yang secara tepat diarahkan untuk kinerja maksimal, sehingga memberikan keunikan sendiri dari MINI John Cooper Works GP yang baru ini. Ini tercermin dalam karakteristik shift yang dimaksudkan untuk berkendara sporty - misalnya dengan downshifts rem yang lebih tajam dan beberapa downshifts langsung selama akselerasi yang kuat.
Tbh, gua yakin ada beberapa dari kalian yang kecewa karena MINI kagak pakai Double Clutch. Namun MINI punya alasannya. Itu adalah karena torsi yang dimilikinya cukup besar dan Double Clutch dirasa kurang cocok untuk menghela spesifikasi dengan mesin itu. Clubman and Countryman JCW juga tidak menggunakan Double Clutch.
Namun Mr. Kidd Yam remain confident bahwa 8-speed ini akan tetap sporty seperti Double Clutch 7-speed.
Dengan kinematika dan elastokinematika model-spesifik, teknologi suspensi MINI John Cooper Works GP diklaim akan membuka dimensi baru dari pengalaman berkendara go-kart yang khas. Besides, MINI udah terkenal akan go-kart feel in terms of driving quality.
Dalam program pengujian intensif di Nürburgring Nordschleife dan trek balap lainnya, suspensinya disetel secara tepat sesuai dengan output mesin yang tinggi serta konsep kendaraan sebagai atlet luar biasa dalam segmen kompak. Versi model-spesifik dari single-joint spring strut untuk roda depan dan gandar belakang multilink juga dioptimalkan. Untuk meningkatkan kelincahan, lebar track meningkat dan bodi lebih rendah 10 mm dibandingkan dengan MINI John Cooper Works lainnya. Pegas suspensi yang disetel khusus juga merupakan bagian dari suspensi model-spesifik, seperti auxiliary springs, dampers dan stabilisers. Swivel bearings yang baru memungkinkan peningkatan level camber di roda depan. Bersama dengan peningkatan level camber pada roda belakang, ini tingkatkan potensi untuk mentransmisikan gaya lateral saat menikung secara dinamis. Stabiliser bearings pada gandar depan dan belakang dengan preload yang sangat tinggi mengoptimalkan body-roll selama gerakan kemudi spontan.
Sistem rem sports di MINI John Cooper Works GP baru memastikan kinerja deselerasi tinggi yang konsisten bahkan ketika digunakan secara intensif. Sistem ini terdiri dari rem cakram kaliper-tetap 4-piston di roda depan dan rem kaliper-mengambang piston-tunggal di roda belakang. Sistem rem sports ini dicirikan oleh stabilitas tinggi dan penggunaan pedal yang nyaman. Kaliper depan terbuat dari aluminium dan dikombinasikan dengan cakram berventilasi 360 × 30 mm. Kaliper ini berwarna Chili Red dan berlogo John Cooper Works.
MINI John Cooper Works GP baru hadir dengan velg 18 inci. Hadir dalam format 8,0 J × 18, berat kurang dari 9 kg dan dilengkapi dengan ban berperforma tinggi yang khusus dikembangkan untuk sports car. Dop pada velg eksklusif lengkap dengan logo GP. Struktur dan profil ban 225/35 R 18 dirancang untuk pastikan presisi kemudi maksimum, transmisi optimal gaya lateral saat menikung, dan peningkatan traksi selama akselerasi dan deselerasi.
MINI John Cooper Works GP baru memiliki fitur desain model-spesifik yang membuatnya menonjol. Fitur ini juga berikan kontribusi yang signifikan terhadap karakteristik mengemudi - yaitu stabilitas dan kemampuan kontrol yang presisi bahkan dalam situasi yang dinamis. Bodi yang telah dimodifikasi secara rinci optimalkan keseimbangan aerodinamis dan suplai udara pendingin yang ditargetkan ke mesin dan sistem rem. Spoiler-wing besar dengan kontur double-wing, desain apron surround depan model-spesifik yang dikenal sebagai Blackband dan spoiler lip depan dari MINI John Cooper Works GP baru membentuk paket terkoordinasi yang dirancang khusus untuk mengurangi gaya angkat. Hasilnya, koefisien drag yang makin baik secara signifikan dibandingkan dengan MINI John Cooper Works.
Fitur paling terlihat secara visual yang penting dalam hal karakteristik aerodinamis mobil ini juga mencakup fender yang besar dan melebar. Panel lengkungan roda tersebut diproduksi melalui proses khusus dan dengan kombinasi bahan yang digunakan untuk pertama kali oleh BMW Group yang terdiri dari substruktur termoplastik dan shell luar terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP). Konstruksi ringan yang cerdas berjalan seiring dengan penggunaan sumber daya yang berkelanjutan. Bahan baku untuk shell-shell terluar, yang terbuat dari fleece CFRP sangat ringan, adalah bahan halus yang didaur ulang dari produksi BMW i3 dan BMW i8. Keempat komponen CFRP yang dibutuhkan untuk setiap kendaraan diproduksi menggunakan alat pengepresan basah. Dengan cara ini, proses produksi yang sangat efisien dapat diterapkan yang sebelumnya hanya diterapkan dalam produksi volume tinggi.
Penutup lengkungan roda dengan struktur CFRP dijahit secara heksagon, double matt finish, dan penomoran berurutan memberi masing-masing 3.000 kendaraan yang diproduksi menjadi sebuah sorotan visual yang unik. MINI John Cooper Works GP baru adalah kendaraan produksi pertama BMW Group yang memiliki lapisan exposed matt CFRP. Penomoran individual dengan angka "0001" hingga "3000" ditempel pada permukaan panel lengkungan roda depan melalui proses transfer cat yang baru dikembangkan. Diluncurkan di tahun 2020 ini, MINI Indonesia menyimpan penomoran “0075” untuk konsumen di Indonesia untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia tahun ini. Kurang mulia apalagi MINI sama tanah air kita yang tercinta ini.
Warna Racing Grey metallic yang dipakai, eksklusif untuk JCW GP dan digunakan untuk cat eksterior. Sementara itu, atap dan tutup cermin eksterior dibuat dengan warna kontras yaitu Melting Silver metallic. Sama seperti apron depan, apron belakang dengan lampu kabut belakang terintegrasi memiliki bentuk yang khas. Cross-member pada gril radiator heksagonal, sisipan pada intake udara rendah, dan bagian dalam spoiler atap dicat dengan warna Chili Red mengkilap. Sementara itu, logo GP di bagian depan dan belakang, sisi luar dari spoiler atap dan sill finishers pintu, serta foil di atas skirt samping, menyandang huruf "GP" dalam Rosso Red metallic matt.
Dua kursi dan isolasi akustik yang dimilikinya dikurangi untuk tujuan optimasi bobot juga memberikan interior MINI John Cooper Works GP baru nuansa mobil sport yang otentik. Peralatan standar termasuk kursi sports John Cooper Works dalam kombinasi Dinamica/leather dengan tepi sisi perak, jahitan aksentuasi merah, lencana GP di bawah sandaran kepala terintegrasi dan tali sabuk merah. Trim interior pada 3.000 atlet ekstrim dalam bentuk MINI GP diterapkan melalui pencetakan 3D. Roda kemudi leather model-spesifik John Cooper Works juga memperoleh karakter eksklusif dari aksentuasi yang dihasilkan menggunakan proses pencetakan 3D. Lapisan aksentuasi merah dan pelek roda kemudi terbuat dari leather nappa lembut, yang menampilkan tanda logam untuk posisi jam 12, dibuat menggunakan proses manufaktur tambahan.
Paddle shift pada roda kemudi juga dicetak 3D dalam logam. Selain logo GP, struktur hexagonal yang khas dapat dilihat pada permukaan paddle tersebut. Aksentuasi warna di kokpit yang mayoritas gelap disediakan oleh logo GP merah di tikar lantai, garis ganda yang serasi pada selektor gigi dan batang pelindung beban aluminium bercat Chili Red yang dicat di belakang kursi. Ini berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah barang bawaan tergelincir ke depan jika terjadi pengereman mendadak.
MINI John Cooper Works GP baru hadir standar dengan kontrol AC otomatis dan 8.8” MINI Navigation System yang mencakup fitur wireless-charging. Juga mencakup kluster instrumen digital pada kolom kemudi. Layar warna 5-inci beresolusi tinggi menunjukkan kecepatan jalan baik secara numerik maupun di skala. Logo GP ditampilkan secara permanen di bagian atas layar. Animasi grafis sebelum kendaraan mulai berjalan tampilkan sebuah gambar model-spesifik termasuk logo GP.
Spesifikasi MINI John Cooper Works GP baru:
Mesin bensin empat-silinder dengan Teknologi MINI TwinPower Turbo (turbocharging, direct injection, VALVETRONIC).
Kapasitas: 1,998 cc.
Output maksimum: 306 hp pada 5,000 – 6,250 rpm.
Torsi maksimum: 450 Nm pada 1,750 – 4,500 rpm.
Akselerasi: 0-100 km/j dalam 5.2 detik.
Kecepatan puncak: 265 km/j.
Konsumsi bahan bakar: 7.5 l/100 km.
Emisi CO2: 171 g/km.
Transmisi: 8-Speed Steptronic
Berat: 1330 Kg
New MINI John Cooper Works GP hadir dalam jumlah yang sangat terbatas dengan Recommended Retail Price Rp. 1.500.000.000,-
Jatah untuk Indonesia merupakan yang terbanyak se-ASEAN. Namun hanya tinggal setengah lagi. Kurang GG apalagi coba? 😂
Komentar
Posting Komentar